Sabtu , September 25 2021
Home / BERITA / Buka Sidang RAPBD Tahun Anggaaran 2020, Ketua DPRD dan Bupati Raja Ampat Apresiasi Kinerja Anggota DPRD Periode 2014-2019
Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE menyerahkan dokumen RAPBD 2020 kepada Ketua DPRD, Reynold M. Bula, SE, M.Si.( foto: Y. Prawar)

Buka Sidang RAPBD Tahun Anggaaran 2020, Ketua DPRD dan Bupati Raja Ampat Apresiasi Kinerja Anggota DPRD Periode 2014-2019

Ketua DPRD Kabupaten Raja Ampat, Reynold M. Bula, SE,M.Si dalam pidatonya menyampaikan apresiasinya kepada anggota DPRD periode 2014-2019. Hal tersebut disampaikannya saat membuka sidang Paripurna RAPBD kabupaten Raja Ampat tahun anggaran 2020 di Ruang sidang DPRD, Selasa, (15/10/2019) malam pukul 19.30 WIT.

Reynold menjelaskan bahwa Rapat Paripurna keempat dalam rangka pembahasan RAPBD tahun anggaran 2020 merupakan masa sidang terakhir bagi anggota DPRD periode 2014-2019.
Karena itu lanjutnya, anggota DPRD periode 2014-2019 perlu di apresiasi atas kinerjanya selama 5 tahun ini. Reynold juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE dan jajarannya selama 5 tahun bekerja sama dalam membangun kabupaten Raja Ampat.

“Saya atas nama pimpinan dan anggota DPRD pada periode 2014-2019 menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada saudara Bupati dan jajarannya yang telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik dengan pihak Legislatif dalam pelaksanaan berbagai program kerja dan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Raja Ampat.

Dan terima kasih juga kami sampaikan kepada jajaran TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda masyarakat di Kabupaten Raja Ampat, serta segenap pemangku kepentingan yang telah memberikan dukungan kepada kami dalam bertugas sebagai wakil rakyat sejak tanggal 27 Oktober 2014 hingga dengan saat ini. Kami menyampaikan permohonan maaf apabila selama 5 tahun bertugas mengemban amanat masyarakat masih terdapat kekurangan,” ucap Reynold.
Senada dengan ketua DPRD, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE juga memberikan apresiasi kepada anggota DPRD periode 2014-2015.

“Saya juga sebagai bupati, kita adalah bagian dari pada pemerintah daerah, mengucapkan ataupun memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan setinggi-tingginya terhadap anggota DPRD periode 2014-2019 yang di mana bahwa pembahasan APBD tahun 2020 ini adalah sidang yang terakhir untuk anggota DPRD periode 2014 2019. Karya daripada anggota periode 2014 -2019 telah memberikan kontribusi besar kepada kami sebagai pribadi maupun kepala daerah yang dilahirkan atau diwujudkan dari sisi pengawasan dan pengelolaan keuangan daerah, yang hampir 5 tahun 5 kali berturut-turut kami mendapat WTP. Karya itulah yang akan selalu menjadi ingatan kami dan kami tahu bahwa Karya Bakti Bapak Ibu anggota DPRD yang terhormat pasti akan diperhitungkan oleh Tuhan yang maha kuasa,” ucap Bupati Faris.

Dalam sambutannya Bupati Faris mengatakan bahwa penyusunan APBD Kabupaten Raja Ampat Tahun Anggaran 2020, berpedoman pada peraturan menteri dalam negeri Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2019. Rancangan kebijakan APBD tahun 2020 dirumuskan dengan maksud agar proses penyusunan APBD dapat dilaksanakan secara efektif efisien serta mampu secara komprehensif mengakomodir Dinamika Pembangunan pemerintah pusat dan daerah serta memastikan dana untuk rakyat disalurkan dengan optimal serta dijaga dengan baik.
Lanjut Bupati Faris, kebijakan pembangunan Tahun Anggaran 2020 diarahkan pada upaya mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang profesional bersih dan transparan dalam rangka meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat.
Ada 7 (tujuh) hal penting yang dilakukan oleh pemerintah agar tetap focus ada pembangunan yang ingin dicapai yakni 1 (satu), terwujudnya penataan kelembagaan Pemerintah Daerah yang berbasis kompetensi sumber daya manusia. Yang kedua, terwujudnya peningkatan aksesibilitas bagi warga terhadap informasi Pembangunan. Yang ketiga, meningkatnya sistem akuntabilitas pengelolaan keuangan dan kinerja daerah. Yang keempat, terwujudnya peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia pemerintahan di Kabupaten Raja Ampat. Yang kelima, terwujudnya perencanaan pengendalian dan evaluasi Pembangunan Daerah yang berkualitas aplikatif dan responsive. Yang keenam, terwujudnya pelayanan kependudukan yang Prima. Yang ketujuh, terwujudnya pengelolaan arsip pemerintahan daerah yang baku, tertib, rapi dan handal.

Sebelum mengakhiri pidatonya Bupati Faris menyampaikan bahwa total RAPBD tahun anggaran 2020 sebesar Rp.1.350.000.000,- (1 triliun 350 miliar). “Bertolak dari postur APBD 2020 inilah saya optimis bahwa gerak dan dinamika pembangunan Raja Ampat akan dapat menghantar negeri ini kepada perubahan yang lebih baik lebih maju. Dan Kami juga akan tetap fokus melaksanakan program-program kerja. Hal tersebut diperlukan sinergitas dan kerjasama antara eksekutif dan legislatif dalam pengawasan terhadap penyelenggaraan roda pembangunan dan komitmen untuk bekerja lebih keras serta mengutamakan kepentingan masyarakat,” tutup Bupati Faris.

Hadir pada pembukaan rapat paripurna RAPBD tahun anggaran 2020. Wakil ketua I DPRD, Rahmawati Tamima, S.IP, Wakil Ketua II, Yuliana Mansawan, SE dan anggota DPRD, Veronika Watem, Simson Sanoy, S.Sos, Ismail Saraka, Charles Imbir, ST, Tidoris Jandy Kapisa, Drs.H.Abbas Umlati, Sr, M.Si, Yosafat Awom, A.Md.Par, Alberth Mayor, S.Th, Sartiel Mambrasar, Badarudin Mayalibit, Wilem Yapen, Sem Sauyai, MM dan Elsye Wamafma, S.Pd. Sedangkan dari lingkungan pemerintah kabupaten Raja Ampat, turut hadir, Sekretaris daerah, Dr.Yusuf Salim, Asisten I, Muhidin Umalelen, Kepala BPKAD, Oridek Burdam, S.IP, MM, Ketua KPUD Raja Ampat, Steven Eibe dan dari Forkopimda Raja Ampat (*/rico)

Check Also

Buka Paripurna RPJMD Tahun 2021-2026, Ketua DPRD Minta Bupati Evaluasi Kinerja Kepala OPD

DPRD Kabupaten Raja Ampat gelar rapat paripurna ketiga dalam rangka pembahasan materi raperda tentang rencana …

Ini Hasil Pokir DPRD Raja Ampat yang Diparipurnakan

DPRD Raja Ampat menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian pokok-pokok pikiran (Pokir) sebagai bahan dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *