Rabu , Oktober 20 2021
Home / BERITA / DWP Unit Setwan Gelar Seminar dan Lokakarya

DWP Unit Setwan Gelar Seminar dan Lokakarya

Waisai – Dharma Wanita Persatuan (DWP) unit Sekretariat dewan (Setwan) kabupaten Raja Ampat menggelar seminar dan lokakarya dengan mengambil tema: Kekerasan seksual adalah kejahatan kemanusiaan.

Bertempat di halaman Gereja Bukit Zaitun Waisai, Ketua DWP Setwan, Frida Kelasin, SH mengatakan kegiatan seminar dan lokakarya ini merupakan kerjasama antara Tiki’ Jaringan HAM Perempuan Papua (Papuan Women’s Human Rights Network)  dengan DWP Setwan Raja Ampat.

Tiki’ sangat berperan dalam mengkampanyekan kekerasan seksual yang terjadi ditanah Papua.

Dengan adanya kegiatan ini lanjut Frida, para kaum perempuan bisa memahami perannya jika terjadi kekerasan didalam rumah tangga. “Harapan kami dengan adanya seminar ini kaum perempuan dan anak-anak bisa memahami hak-hak mereka,” tutur Frida dalam sambutannya dihadapan para peserta, Senin, (24/10/2016) pagi.

Pemateri sesi pertama dari Tiki’ Selfiana Sanggenafa, SH saat membawakan materi kekerasan seksual terhadap perempuan mengatakan, apabila terjadi kekerasan sebaiknya langsung dilaporkan ke pihak kepolisian, gereja dan tokoh adat setempat.

“Jika terjadi kekerasan dalm rumah tanga sebaiknya langsung dilaporkan ke pihak berwajib, tokoh agama dan tokoh adat. Perbuatan kekerasan juga termasuk kategori pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan itu diatur dalam UUD 45,” jelas Sanggenafa.

Seminar dan lokakarya yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 24-25 ini, selain dihadiri oleh DWP setwan juga melibatkan persekutuan wanita dari gereja Kristen injili jemaat bukit Zaitun dan ibu – ibu masjid di perumahan 200, Waisai.

Ketua DWP Setwan, Frida Kelasin, SH menyampaikan terima kasih kepada Tiki’ Jaringan HAM Perempuan Papua yang telah membawakan materi seminar selama 2 hari. Ia juga berpesan agar para perempuan Papua bisa bangkit dan menyuarakan hak-hak mereka jika terjadi kekerasan, tutupnya.(redaksi/rieco)

Check Also

Buka Paripurna RPJMD Tahun 2021-2026, Ketua DPRD Minta Bupati Evaluasi Kinerja Kepala OPD

DPRD Kabupaten Raja Ampat gelar rapat paripurna ketiga dalam rangka pembahasan materi raperda tentang rencana …

Ini Hasil Pokir DPRD Raja Ampat yang Diparipurnakan

DPRD Raja Ampat menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian pokok-pokok pikiran (Pokir) sebagai bahan dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *